Kamis, 26 Mei 2016

Berawal dari Hobi

Di perkenalan mungkin udah tau, kalau duakebo adalah pergabungan antara dua hobi. Si Betina yang suka nulis dan si Jantan yang hobi foto-foto. Tapi awal hobi kita beda loh.. Awalnya si Betina ini suka sekali baca buku. Dari kecil. Buku kesukaan dia lagi kecil adalah buku kumpulan dongen binatang. Sampai sekarang bahkan si Betina masih inget beberapa bagian dari buku itu. Kalau si Jantan, awalnya sangat senang berpetualang. Iya, dari kecil udah hobi banget cobain hal-hal baru. Dari lari-lari di kebun orang sampai berenang di sungai. Iya, lebih ke yang memicu adrenalin.

Si Betina.
Umurnya dulu masih dibawah lima tahun. Tapi koleksi buku ceritanya udah bisa dibilang banyak. Dia lebih suka buku dibanding boneka. Walau belum bisa baca, seenggaknya dia hapal cerita dari gambar dibuku itu. Bertambah umur, bacaan dia beralih ke komik. Hampir setiap hari baca komik, walaupun sudah hapal isi cerita komik itu. Biasanya dia baca komik di bawah selimut dengan bantuan sinar dari senter. Soalnya baca komik itu terlarang untuknya di hari sekolah.

Beranjak remaja, si Betina sudah mulai membaca novel. Mulai dari yang ringan sampai yang mikir-mikir dikit. Mulai dari sinilah hobinya agak berganti. Ketidakpuasannya dengan alur cerita atau akhir cerita, membuat dia ingin sekali punya cerita sendiri. Dimulai dengan menulis cerita pendek di buku harian sampai punya buku khusus untuk menulis cerita. 

sebagian koleksi novel si Betina
Menulis sebuah cerita, apalagi novel, tidak mudah ternyata. Sudah banyak sekali tulisan-tulisan si Betina yang gak sampai selesai. Gantung di tengah cerita. Faktornya banyak, mulai dari waktu sampai kehabisan ide. Sampai akhirnya sekitar tahun 2010, si Betina mulai mengenal blog. Blog lebih mudah dikelola. Lebih bebas. Halamannya gak akan habis kayak buku. Tulisannya ga akan hilang kena virus kayak di komputer. Akhirnya beralihlah hobi si Betina: Blogging.

Si Jantan.
Karena dia anak laki-laki pertama (dan ternyata anak laki satu-satunya) ayah dan bunda, dia dibiasakan hidup layaknya seorang jagoan. Dari kecil udah dibiarkan main diluar, udah gak boleh cengeng, udah harus bisa hidup mandiri bahkan dia udah ikut latihan beladiri dari kecil. Jadilah dia anak laki yang tangguh dan keren.

Menginjak usia remaja, ketangguhan membuat dia jadi gak takut sama apapun di bumi ini. Semua dia coba, walau masih tau yang mana baik dan buruk. Dia gak akan merusak badannya sendiri, tapi dia sering merusak aturan-aturan sekolah. Mulai dari bolos kalo pelajarannya gak penting-penting amat, sampai nyoba manjat tembok sekolah untuk kabur (yang akhirnya ketauan).

Udah agak dewasa dikit, hobinya ganti ke motor. Termasuk jalan-jalan keluar kota naik motor. Walau bolak-balik dan bikin capek, tapi gak akan kerasa kalau udah jadi hobi. Lama-lama, mungkin dia mikir: "buat apa keluar kota kalo gak sambil liburan?". Pikiran, ketangguhan dan jiwa petualang dia menjawab: "lu naik gunung aja!"

naik gunung mei 2016
Sejak saat itu dia jadi hobi banget naik gunung. Mungkin kalau boleh, setiap minggu dia pergi. Dari situlah hobi foto-fotonya timbul. Awalnya cuma buat pamer di media sosial. Terus jadi buat pamer ke si Betina. Sebenernya kesenengan dia foto itu, cuma pengen berbagi sedikit keindahan yang dia lihat di atas gunung. Oh, gak cuma naik gunung. Kebo Jantan ini juga suka ke laut (atau pulau atau pantai).

duakebo.
Kami tercipta karena adanya hobi. Gabungan dua hobi yang jadi karya. Kami cuma ingin berbagi. Foto yang diambil si Jantan, menjadi inspirasi untuk si Betina menulis. Hobi kami ini mungkin belum jadi penghasilan atau belum jadi pekerjaan. Masih sebatas hobi. Tapi hobi kami adalah salah satu penyambung komunikasi kami. Penyulut semangat untuk kami berkarya. Pengganti aktivitas kencan (berhubung jarak kami jauh sekali). Juga sebagai ajang pamer kekompakan (becanda, jangan serius-serius amat bacanya..). Semoga duakebo tetep rajin berkarya. Makanya kami selalu menunggu komentar, kritik dan saran juga dari pembaca sekalian. Terimakasih!

Salam,
duakebo



ini adalah kontes menulis cekaja.

16 komentar :

  1. Semangat terus ngeblognya ya kebo

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhahaha... okeee! semangat juga ya bapaaakkk

      Hapus
  2. jadi pengen naik gunung dan keliatannya itu seru banget kali ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kata si Jantan sh seru dan dia selalu pengen balik lagi ke gunung. si Betina juga belum pernah nih naik gunung. Mas robby mungkin boleh naik gunung duluan terus bagi2 ceritanya yaaa..

      Hapus
  3. ucuk ucuk ucuk jadi pengen naik gunung, aaaaaaa lumayan menginspirasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah kayak kak fadly gak suka naik gunung ajaa.. makasih yaaaa..

      Hapus
  4. Aaaahh jadi kepengen naik gunung kaya kak kebo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh atuh hubungi si Jantan, kali aja bisa naik gunung bareng..

      Hapus
  5. jadi pengen naik gunung, tapi takut fisik ga memungkinkan, dan membuat org rumah khawatir, tp bagi yg hobi dengan alam dan fisik kuat bagus daripada hura2 ga jelas dugem kaya anak gaul

    BalasHapus
    Balasan
    1. fisik bisa dilatih kok, mas.. siapa tau kalau udah coba niak gunung sekali, bisa jadi hobii.. Orang yang naik gunung biasanya bertekad "sampai rumah dengan selamat" kok..

      Hapus
  6. Jadi pengen naik gunung dan bisa foto-foto kaya si jantan

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh tuh... apalagi bisa bikin cerita sendiri dari pengalam naik gunung. blog nya bisa tambah rame nantiii

      Hapus
  7. blogger baru tappi dah banyak pengunjung ya gan!

    BalasHapus