Minggu, 29 Mei 2016

Menggapai Mimpi

Semua orang punya mimpi. Entah itu mimpi yang terdekat atau mimpi di hari tua nanti. Atau bahkan punya dua-duanya. Artinya kawan, kamu punya semangat hidup! Saat kamu gak punya mimpi, kamu pasti gak tau mau ngapain. Saat kamu putus asa, mimpi kamu yang udah dibuat dari kecil jadi sedikit memudar. Iya kan? Iya dong, karena itu terjadi sama kita juga.

Suatu malam atau pagi (karena perbedaan waktu jadi agak bingung mau ceritanya nih), kami telponan. Telpon biasa aja penghilang sedikit rasa kangen. Terus tiba-tiba si Jantan cerita mimpinya. Katanya di mimpi, kita berdua udah nikah dan udah tinggal satu rumah. Tapi dia gak kenal rumahnya. Katanya, "Bukan rumah mamah. Bukan rumah bunda juga.".

Terus abis itu si Betina nanya tentang gimana bentuk rumahnya. Maksudnya mungkin biar si Jantan gak berenti cerita. Terus si Jantan dengan lancarnya mendeskripsikan semua ruangan di rumah itu. Si Betina yang emang selalu deket sama kertas dan pulpen, langsung ngegambar denah yang dijelasin si Jantan.

Setengah jalan gambar denah, si Betina punggungnya langsung tegap. Jantungnya deg-deg-an gak karuan. Matanya yang tadinya ngantuk, langsung melek. Telinganya makin tajam mendengarkan. Senyumannya gak bisa tertahan. Kenapa?

J: ... Nah, jadi gitu kira-kira. Emang kenapa?
B: (diem ngeliatin gambar)
J: Heh, kebo! Diceritain malah tidur.
B: Engga, aku gak tidur.
J: Terus kenapa?
B: Rumahnya.. Mirip sama rumah kecil aku lagi di Tasik..

Terus si Betina cerita kalo dia kangen banget sama rumah masa kecilnya. Cerita pun jadi kemana-mana ujungnya. Sampe bahas kalo lagi kecil, si Betina suka ngebayangin punya restoran atau cafe di kota masa kecilnya itu. Terus tiba-tiba si Jantan motong pembicaraan.

Dia juga cerita kalau dia pengen banget punya cafe. Emang kita berdua hobi banget ngopi, jadi ya pasti pengen dong punya cafe yang nyaman seenggaknya buat ngopi cantik sendiri. Terus akhirnya kita ngomongin, kalo udah nikah nanti mau banget bikin kedai kopi yang asik. Bahkan udah ada bagiannya, si Jantan ngurusin kopi dan kedai, si Betina urusan dapur dan belanja.

Terus lagi capek abis ngeluarin banyak ide yang rata-rata semuanya hampir sama, si Jantan bilang, "Oiya, aku lupa bilang. Aku tapi kalo udah berkeluarga, gak mau tinggal di Jakarta. Aku mau merantau. Kamu mau diajak merantau?". Denger kayak gitu, semangat si Betina yang udah menggebu-gebu, makin tambah semangat. Dia dengan gak santai dan agak teriak bilang, "KITA TINGGAL DI TASIK AJA MAU GAK?!".

"Hahaha.. Iya, boleeehh.. Kan kalo merantau tuh artinya keluar dari tempat kita lahir dan ke tempat yang kita belum pernah tinggal disana, kan? Nah, aku belum pernah tinggal di Tasik. Hayuk aja aku mah..", si Jantan menjawab santai sambil tersenyum mendengar semangatnya si Betina.

Kita berdua amat sangat sadar kok apa yang ada didepan kita. Satu kebo statusnya masih mahasiswa satunya lagi masih belum enak sama kerjaannya. Untuk mencapai ke mimpi kita, ada banyak sekali halangan dan rintangannya. Seenggaknya ada beberapa yang harus kita lakukan demi hari tua kita bersama.

1. SELESAIKAN URUSAN SEKARANG

seperti kuliah, contohnya.
Hidup itu pilihan. Apa yang kita lakuin sekarang, itu merupakan salah satu pilihan kita dulu. Pilihan yang pastinya udah dipikirin mateng-mateng. Walau setiap pilihan punya rencana keduanya, tapi seenggaknya kita harus TANGGUNG JAWAB dengan urusan kita sekarang.

2. NABUNG


Beuh ini juga gak kalah penting. Buat mulai segalanya harus ada uang dong. Walau uang bukan segalanya, tapi di dunia ini hampir semua segalanya berurusan sama uang. Mau gimana coba kalo gak pake uang? Karena kami bukan orang yang seenaknya tinggal minta sana-sini, kami pun memutuskan untuk NABUNG. Gak jarang kita juga baca-baca artikel biar lebih semangat nabung. Salah satunya artikel-artikel di cekaja.com. Sedikit-sedikit aja, lama-lama mungkin jadi gunung kaaan? Aamiin..


3. SALING MENYEMANGATI

tempel quotes di kamar buat
semangatin diri sendiri
Ini juga penting. Saat capek karena kita hidup, capek ngejar mimpi, pengen nyerah dan udah putus asa, harus ada makhluk hidup lain yang nyemangatin dan ingetin setiap mimpi kita. Karena saat kita putus asa, artinya kita lagi lupa sama mimpi kita. 

4. PERCAYA

percaya = yakin
Kalo sama diri sendiri gak percaya, apa dong kata orang lain? Mereka mungkin lebih bisa ngeluarin cemooh ini itu aja. Bikin kita makin roboh. Seenggaknya kalo kita percaya sama satu hal, artinya kita udah tau baik-buruknya hal tersebut. Jadi bisa jelasin deh baiknya mimpi kita, ke orang-orang yang kontra sama kita.

5. BERDOA


Ini sih bukan kewajiban lagi, tapi udah jadi kebutuhan buat kita semua sebagai makhluk hidup. Ada usaha terus ada doa, yaudah sisanya kita serahin sama yang Maha Menentukan. Karena kalo kita menyerahkan semua pada-Nya, bahkan gunung aja bisa berpindah atas kuasa-Nya.

Mungkin masih banyak yang kita lakuin untuk menggapai mimpi-mimpi kita itu. Banyak halangan dan rintangan juga yang harus kita hadapin. Tapi kan gak perlu kita share semuanya disini, kita cuma mimta doa dari para pembaca sekalian. "Semoga impian baik duakebo berjalan mulus dan lancarr" AAMIIN..

Makasih ya udah mau mampir untuk baca. Gak ada capek-capek nya kami minta kometar, kritik dan sarannya juga.. Terimakasih sekali lagi.

Salam,
duakebo

ini adalah kontes menulis cekaja.

sumber gambar: milik pribadi dan dari blog sahabat: birubicara.blogspot.com

8 komentar :

  1. isi artikelnya dalem dan bermanfaat banget mas.. thanks mas

    BalasHapus
  2. wah.. alhamdulillah kalo bermanfaat.. sama-sama, mas..

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. assalamu'alaikum, salam kenal agan duakebo..
    tulisannya sangat melekat dlm kehidupan sy sehari-hari..

    jadi inget harus selesaikan "tesis" sekarang! hahaha..
    insya Allah dimudahkan, doain ya mas :D

    http://yulianasari-lifehistories.blogspot.co.id/2016/05/saya-ingin-menjadi-si-kecil-yang-besar.html

    BalasHapus
  5. Bener banget. Untuk bisa menggapai mimpi kita harus bisa melakukan segala sesuatu tanpa di tunda-tunda, karena kalau bukan sekarang kapan lagi? iya gak sih? Niat, berusaha dan berdoa jadi kunci untuk bisa menggapai mimpi. Semoga mimpi-mimpinya bisa tercapai. Semangat \:D/

    Lagi ikut kontes yang sama nih. Good luck ya:))

    Kunjungi juga : https://noviyana-shiali.blogspot.co.id/2016/05/5-hobbies-that-make-you-smarter.html

    Thank you~

    BalasHapus
  6. wah dalem banget tulisannya, bener2 mirip kaya kehidupan saya hihihi

    BalasHapus
  7. kok naman blognya unik banget yah gan, dukebo. kebo itu sama dengan Kerbau dalam bahasa jawa kebo.

    BalasHapus
  8. isinya informatif. kudu semangat dan penuh rencana.
    semoga menang bang.

    BalasHapus